Membuat Layout Buku Tabungan Di Android Studio

Hallo teman teman, oke kali ini saya akan membuat tutorial membuat layout buku tabungan dan disini saya menggunakan referensi buku tabungan sekolah saya,sebagai layout nya,saya asumsikan disini teman teman,sudah paham tentang dasar dasar pemrograman android yahh.

Oke baik pertama tama langsung Create New Project di Android studio nya

Nah selanjut nya , sesuaikan Versi android yg di inginkan(Kalau saya menggunakan IceCreamSandwich) untuk versi android ini berfungsi sebagai minimum system yang bisa menggunakan aplikasi kita nantinya..


Setelah Itu kita pilih empty activity 


Di tutorial kali ini kita akan,membuat Layout seperti buku di bawah .oke langsung aja,buka activity_main.xml nya


Pertama kita buat Logo/foto dan Headernya dulu, Disini kita memakai Linear Layout, Lihat Source Code Disini , Mungkin jadinya seperti dibawah ini : 
 
Nah habis itu kita pengen buat Textview Nama Peserta didik dan Edittext untuk menginput nanti , untuk Source Codenya bisa kalian lihat DISINI , Jika sudah diikutin codenya itu akan membuat 1 linear layout dengan 1 textview & 1 Edittext , disini kita akan membuat 9 textview & 9 edittext biar cepet kalian copy source code tadi sampai 9x saja.. lalu kalian ubah textviewnya dan idnya :)
Kenapa harus diubah id nya ? Karena kalau tidak diubah itu akan error karena duplicate id nya :) , jadi id itu kalian ubah sesuka kalian & usahakan mudah kalian ingat yah :) .
 
Kurang lebih hasilnya seperti dibawah ini :

Kalian ingin melihat full code ? DISINI

Nah sekian tutorial membuat layout buku tabungan dari saya 😁 Semoga Bermanfaat buat kita semua πŸ˜€Terima Kasih sudah mengunjungi blog saya.
Sampai jumpa di next tutorial ya πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan use case diagram dan contohnya

Cara membuat game sederhana menggunakan scratch

Cara Membuat REST API Menggunakan Codeigniter