Pemrograman PHP #PART 2


Array Dan Fungsi


assalamualaikum Wr Wb 😁
Hallo gaes welkambek to my blog darylxlearning.waktu menjelang pagi nih hehe sebelum kita mulai ke materi pembahasan alangkah lebih baik kalian menyiapkan minuman biar ga haus saat lihat code-code nanti .

Masih di pembahasan yg sama Yaituuu Pemrograman PHP,tapi kali ini beda materi nih gaess, kali ini saya akan bahas ARRAY DAN FUNGSI, array apa sih ?,fungsi apa sih??,okee saya akan  jelasin secara singkatnya saja.

Jadi Array adalah "Merupakan Tipe Data terstruktur yang berguna untuk menyimpan sejumlah data yang bertipe sama. Bagian yang menyusun array disebut elemen array, yang masing masing elemen dapat diakses tersendiri melalu index array. index array dapat berupa bilangan integer atau string".

Jadi garis besar nya adalah array merupakan tipe data terstrktur dan berguna untuk menyimpan sejumlah data.

Nahh teruss fungsi apa ??

Fungsi adalah "
 kode program yang dirancang untuk menyelesaikan sebuah tugas tertentu, dan merupakan bagian dari program utama. Kita dapat membuat fungsi sendiri, atau menggunakan fungsi yang dibuat oleh programmer lain."

Oke dehh sobat kita langsung praktikan saja ya Array dan fungsi nya.


Nahh,gambar di atas itu adalah contoh penggunaan aray sekaligus pemanggilan fungsi bawaan php,saya akan coba jelaskan lagi ,jadi di array itu ada yg nama nya index,setiap pendefinisian array (Pada line 2) ,,(Mangga,pisang,melon,duren), masing masing mempunyai index, index di array di mulai dari 0,, jadi, mangga adalah index 0 ,pisang  index 1, melon index 2 , dan duren index 3,,nah lalu di line 3 saya coba mencetak( echo ), $arrBuah[0],tujuan dari pencetakan di atas adalah,saya akan mencetak sebuah array yang bernama arrBuah pada index 0,dan nanti ketika di run dia akan mencetak mangga.

paham kan sobat? hehe

nah selanjut nya pada line 8,,saya  mencoba memanggil fungsi array(),lalu membuat pendefinisian nya lagi sampai line 16,sebener nya konsep nya sih sama,tetapi ini lebih simpel,,lalu pada line 14 saya mencetak lagi dengan $arrhewan [2],,output nya akan mencetak bunga kamboja,karna kamboja berada pada index 0.

oiya 1 lagi,arrray itu ada 3 macam,yaitu array assosiatif,array multi dimensi. tapi kali ini saya akan menjelas hanya salah satu nya , yaitu array terindex angka.

oke baik saya akan membuat code function yang lebih detail lagi agar sobat sobat paham.


nahh gambar di atas adalah contoh pembuatan fungsi sederhana yg lebih detail,untuk pengertian per baris nya ,, sobat bisa baca pada komentar nya yaa hehehe.

okee sekian dulu pembahasan fungsi dan array dari saya,karna waktu sudah larut malam juga,tugas masih banyak.Saya hanya bisa menjelaskan sedikit saja hehehe,okee terimakasih sobat sudah membaca Pemrograman PHP PART #2. Semoga bermanfaat bagi kalian semua.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan use case diagram dan contohnya

Cara membuat game sederhana menggunakan scratch

Cara Membuat REST API Menggunakan Codeigniter