Pemrograman Php #PART 1



STRUKTUR DASAR PHP

halo sobat,kembali lagi di blog Darylxlearning hehe ,Oke langsung saja,ya jadi saya akan membahas tentang STRUKTUR DASAR PHP , sobat sobat programmer pasti sudah ga asing  lagi kan sama yg nama nya php?? hehehe,bagi yang belum tau,saya akan jelaskan sedikit.

jadi php itu adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor,yang pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1994,nahh terus php itu harus di tulis antara tag
  • <?      ?>
  • <?php     ?>
  • <script language = "php> dan </script>
  • <% dan %>
nah laluu fungsi php adalah  "sebagai script server-side yang didesain untuk pengembangan web. Selain itu, PHP juga bisa digunakan sebagai bahasa pemrograman umum".

hehehe,kaya nya segitu dulu ya pengenalan tentang php nya,kalo sobat masih belum paham juga,sobat bisa coba googling sendiri biar lebih jelas .

okeee kembali ke laptop,langsung saja kita bahas ke struktur dasar php





baik gambar di atas adalah salah satu Struktur dasar PHP yg pertama, yaitu dengan menggunakan echo ,, kita akan mencetak sesuatu yang berada di dalam koma atas atau ( " " ).



Selanjut nya Struktur dasar php yg kedua adalah VARIABLE, Variable digunakan untuk menyimpan sebuah value, data atau informasi,nama variabel dalam php di awali dengan $.


Selanjut nya Struktur dasar php yg ketiga adalah Tipe Data PHP,php mendukung 8 Tipe Data primitif yaitu 
  • Boolean
  • integer
  • float
  • string
  • array
  • object
  • resource
  • NULL


Selanjut nya Struktur dasar PHP yang ke empat adalah Komentar, yang dimaksud dengan komentar bukan yang biasa terdapat di medsos ya hehe,kalo menurut pendapat saya , komentar ini adalah sebuah catatan dalam sebuah program,biasanya saya gunakan untuk menandai bagian code programm nya,jadi sewaktu waktu saya lupa ini code atau function untuk apa,saya langsung ingat karna terdapat komentar nya di dalam blok code itu.

nahh mungkin segitu dulu ya sobat struktur dasar php nya,karna kalo saya jelaskan juga terlalu panjang ,sobat bisa googling atau sobat bisa baca di Documentation PHP nya kok,disana lebih lengkap lagi hehe,oke sobat sekian dulu dari saya yaa... 

Mungkin sampai disini Stuktur PHP nya , selanjutnya ada di part 2.
Terima kasih telah mengunjungi blog ini .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan use case diagram dan contohnya

Cara membuat game sederhana menggunakan scratch

Cara Membuat REST API Menggunakan Codeigniter