Cara Menginstall Aplikasi Netbean



Hallo, Selamat Datang Di Blog Saya ......

Ya kali ini saya akan membagikan tutorial yang berjudul " Tutorial Cara Instalasi NetBeans".

Apa itu NetBeans ?
NetBeans adalah Integrated Development Environment (IDE) berbasiskan Java dari Sun Microsystems yang berjalan di atas Swing. Swing sebuah teknologi Java untuk pengembangan aplikasi Desktop yang dapat bejalan di berbagai macam platforms seperti Windows, Linux, Mac OS X and Solaris. Suatu IDE adalah lingkup pemrograman yang diintegrasikan kedalam suatu aplikasi perangkat lunak yang menyediakan pembangun Graphic User Interface (GUI), suatu text atau kode editor, suatu compiler atau interpreter dan suatu debugger. Netbeans merupakan software development yang Open Source, dengan kata lain software ini di bawah pengembangan bersama, bebas biaya NetBeans merupakan sebuah proyek kode terbuka yang sukses dengan pengguna yang sangat luas, komunitas yang terus tumbuh, dan memiliki hampir 100 mitra. Sun Microsystems mendirikan proyek kode terbuka NetBeans pada bulan Juni 2000 dan terus menjadi sponsor utama.
pertama tama seperti biasa dulu siapkan tools nya :

Java Jdk (sesuaikan dengan os kalian masing masing ya)
http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/jdk8-downloads-2133151.html

Netbeans
https://netbeans.org/downloads/8.0.2/


Setelah semua tools sudah di download,sekarang saat nya instalasi.
  

  • Tutorial

Buka set up yang sudah kita download tadi,tunggu hingga loading selesai.
Ini tampilan awal saat memasuki tahap instalasi Netbean
 
Setelah itu kita berlanjut ke halaman berikutnya ,disini kita centang di kolom yang sudah disediakan yang artinya kita sudah menyetujui semua lisensi dari Netbean
Dan selanjutnya kita akan lanjut lagi,disini kita memilih tempat dimana kita akan menginstall netbeannya ,disini saya akan menginstall di direktori C ,jika kalian ingin menginstall di direktori lain silahkan klik browse dan pillih direktori yang ingin kalian pilih.

Selanjutnya disini kita akan lanjut ke tahap berikutnya disini kita centang kata check for update untuk selalu mendapat update terbaru dari netbean. Setelah itu kita klik next aja .
Lalu kita akan menunggu tahap instalasi sekita 5-8 menit.

Setelah selesai kita langsung saja klik tombol finish untuk menyelesaikan instalasinya.

Setelah itu kita buka aplikasi netbean nya dan berikut dibawah tampilan utama netbean yang artinya kita sudah berhasil menginstall nya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan use case diagram dan contohnya

Cara membuat game sederhana menggunakan scratch

Cara Membuat REST API Menggunakan Codeigniter